My Job Is My Valentine

11:32 PM 12 Comments A+ a-


Mencintai pekerjaan yang kita lakukan setiap hari merupakan salah satu faktor penting dalam hidup ini ! ya penting sekali. Apapun bidang pekerjaan dan jabatan kita saat ini, kira - kira dalam satu hari kita akan menghabiskan sekitar 10 Jam untuk melakukan pekerjaan kita. Saya coba melakukan perhitungan sederhana seperti ini, untuk pergi bekerja kita akan menempuh waktu perjalanan ke kantor sekitar 1 - 2 Jam, bekerja di kantor sekitar 10 Jam dan kembali menempuh perjalanan pulang ke rumah sekitar 2 jam. Kalau masih ada presentasi / atau meeting penting keesokan harinya maka setelah makan malam pastinya kita akan membuka laptop dan bekerja di rumah sekitar 1 Jam. Kalau di total kira kira 50 - 55% dari 24 Jam yang kita miliki sudah dialokasikan untuk kehidupan pekerjaan. Bekerja memang penting dan harus dilakukan, bukan saja untuk memenuhi kebutuhan hidup tapi juga merupakan sarana untuk kita bisa menyalurkan kemampuan dan talenta kita. 

Menghabiskan separuh dari waktu hidup kita untuk bekerja bisa jadi hal yang menyenangkan apabila kita benar - benar mencintai apa yang kita lakukan setiap hari. Tapi tidak bisa dipungkiri, masih banyak dari kita yang menjalani pekerjaan kita saat ini karena 'terjebak' oleh berbagai keadaan dan berbagai alasan logis yang menuntut kita untuk melakukan pekerjaan kita meskipun kita tidak terlalu mencintai apa yang kita lakukan. CINTA ! bulan ini adalah bulan penuh cinta yang dirayakan seluruh dunia pada tanggal 14 Februari. Rasa cinta adalah salah satu dorongan terkuat dalam diri manusia yang bisa menggerakkan sesorang melakukan berbagai hal yang luar biasa ! Setuju ?

Berikut ini saya rangkumkan 5 perspektif yang bisa membantu menbantu kita untuk lebih mencintai pekerjaan kita saat ini.

  • Fokus pada hal - hal yang menyenangkan, coba pikirkan / buat daftar hal - hal yang menyenangkan di tempat pekerjaan anda. Dengan fokus pada hal - hal yang menyenangkan kita akan mendapatkan kekuatan ekstra untuk mengatasi tantangan yang sulit. Rekan kerja yang menyenangkan, kesempatan mengunjungi kota / negara lain bahkan kesempatan untuk belajar skill baru bisa jadi fokus yang membuat kita mencintai apa yang kita lakukan setiap hari.
  • Ingat kembali alasan anda saat pertama kali memilih pekerjaan saat ini. Mengapa anda melakukan semua ini sejak awal ? Biasanya alasan pertama kita dalam memilih sesuatu merupakan didasari oleh tujuan yang baik dan bermanfaat untuk diri kita. Hanya saja seringkali dengan berjalannya waktu dan berbagai tekanan rutinitas, kita kehilangan fokus dan melupakan alasan awal yang menjadi pembakar semangat kita.
  • Bangun hubungan pertemanan yang positif dengan rekan kerja. Hubungan rekan kerja yang positif, saling mendukung dan terbuka merupakan salah satu faktor yang menentukan kenyamanan kita dalam bekerja. Kita semua membutuhkan orang lain sebagai partner untuk curhat, berdiskusi tentang pekerjaan ataupun sebagai teman untuk menghabiskan waktu makan siang bersama. Relasi yang positif akan memberikan kita semangat yang baik untuk mencintai lingkungan tempat kita bekerja.
  • Reward yourself. Hargai setiap usaha yang sudah kita lakukan dalam pekerjaan. Memberikan hadiah kecil untuk diri sendiri setelah berhasil menyelesaikan suatu tugas merupakan sebuah kebiasaan yang baik untuk meningkatkan semangat kita dalam melakukan pekerjaan. Ambil waktu untuk bersantai sejenak dengan makanan yang lezat, belanja online atau menikmati foot reflexology. You deserve a nice rewards.
  • Bersyukurlah untuk pekerjaan yang kita miliki. Rasa syukur adalah cara pandang yang benar untuk bisa mencintai pekerjaan kita setiap hari. Ingat ! masih banyak orang di luar sana yang mungkin sedang berjuang mencari pekerjaan seperti yang kita miliki saat ini. Apa yang kita miliki saat ini sejatinya adalah pemberian / titipan dari Tuhan. Kalau kita masih diberikan tanggung jawab oleh Tuhan, artinya kita masih punya tugas penting yang tidak bisa dilakukan oleh orang lain. Tuhan menetapkan kita untuk melakukannya. Banyak hal kecil yang bisa kita syukuri dalam waktu - waktu kerja kita.

12 comments

Write comments
Apr 18, 2016, 6:20:00 PM delete This comment has been removed by a blog administrator.
avatar

Tinggalkan komentar anda untuk tulisan ini ^^