We Are All Connected

6:00 AM 11 Comments A+ a-

Saya selalu yakin kalau setiap manusia itu terhubung satu dengan yang lain. Sedari dulu, kita belajar bahwa manusia adalah mahluk sosial, yaitu mahluk yang selalu membutuhkan interaksi dan berkumpul bersama dengan manusia lainnya. Dalam proses manusia berinteraksi (baik secara langsung maupun tidak langsung), saya merasa bahwa semua manusia saling berhubungan dalam konteks aksi dan reaksi terhadap sikap yang dilakukan. Sebagai contoh, setiap sikap, tindakan dan respon kita pasti akan mempengaruhi sikap, tindakan dan respon orang lain.

Coba ingat-ingat interaksi apa saja yang kita lakukan sedari bangun pagi, sarapan, perjalanan ke kantor / kampus, aktifitas selama di kantor / kampus hingga malam hari kembali beristirahat. Apakah kita menyadari bahwa kita pasti berinteraksi dengan banyak orang, dengan keluarga di rumah, dengan abang ojek, dengan supir taxi, kasir di minimarket, barista di cafe, teman sebelah meja, rekan kerja sedivisi dan masih banyak lagi.

Pernahkan terpikir bahwa sikap kita bisa mempengaruhi orang lain dalam menjalani hidupnya di hari itu ? Saat kita memberikan senyum tulus dan ucapan terima kasih untuk Ibu di warung depan kost, mungkin itu hanya hal sederhana namun kita sudah menularkan semangat yang positif bagi orang lain. Atau sebaliknya kita penuh dengan hati yang sedang BETE berat, mood swing yang lagi jelek - jeleknya hingga sedikit saja sikap teman sebelah meja kita yang kurang baik langsung buat kita meledak dan maarah - marah seharian.

Kondisi - kondisi di atas pasti pernah teman - teman rasakan dalam aktifitas sehari - hari tapi saya yakin kita lebih banyak berkata dalam hati "Ah soalnya si dia / orang itu kelakuannya begitu sih makanya gue kayak gini" tapi sangat jarang kita memikirkan "Gue harus selalu bersikap yang baik agar memberikan dampak yang baik bagi siapa saja di sekita gue"

Ini memang sharing yang sulit dijelaskan lewat kata - kata saya yang terbatas, tapi semoga saja teman - teman bisa memahami dan melakukan perubahan yang baik dalam diri sendiri dimulai dari ........ SEKARANG :)

Have a nice day everyone

(Ditulis Oleh Robin - @beanpedia)

11 comments

Write comments
Apr 18, 2016, 6:20:00 PM delete This comment has been removed by a blog administrator.
avatar
Gege Dai
AUTHOR
May 31, 2016, 12:35:00 PM delete This comment has been removed by a blog administrator.
avatar

Tinggalkan komentar anda untuk tulisan ini ^^