Make Today Count

3:14 PM 9 Comments A+ a-

“Rahasia Kesuksesan Anda Ditentukan oleh Jadwal Harian Anda”

Sepenggal kalimat di atas menjadi perenungan saya selama akhir dari tahun 2012 yang luar biasa. Ada sebuah buku yang ditulis oleh John C Maxwell berisi 12 Kunci Sukses untuk kehidupan yang bermakna. Buku ini sudah saya miliki sejak tahun 2009, namun baru saya baca dipenghujung 2012. Sebuah penyesalan besar mucul di dalam hati saya karena pikiran saya terus berkata “Harusnya buku ini kamu baca dari dulu !”

John C Maxwell adalah seorang yang ahli dalam bidang kepemimpinan, penulis buku – buku best seller di seluruh dunia yang  masuk dalam daftar Business Week dan New York Times. Dalam buku kecil berwarna merah putih ini, John C Maxwell membagikan 12 Kunci Sukses agar hari – hari hidup anda menjadi bermakna. Saya terkagum – kagum dengan 12 Kunci Sukses yang tertuang dalam buku ini yang mana meliputi semua aspek dalam kehidupan. Sejalan dengan memasuki tahun 2013, buku ini menjadi panduan utama saya untuk menyusun resolusi tahun 2013.

Struktur buku ini terbagi atas 13 bab yang sangat bermanfaat dengan contoh – contoh aplikatif yang bisa segera kita lakukan hari ini juga. Ke- 12 Kunci Sukses dijabarkan dengan urutan sebagai berikut:
1. Sikap
2. Prioritas
3. Kesehatan
4. Keluarga
5. Pemikiran
6. Komitmen
7. Keuangan
8. Iman
9. Hubungan
10. Kemurahan hati
11. Nilai
12. Pertumbuhan
13. Kesimpulan

John C Maxwell selalu membagikan kunci – kunci sukses yang memang sudah dijalankan dalam hidupnya. Tidak semua kisah hidupnya diawali, dan dijalani dengan mulus. Ada juga kondisi – kondisi kehidupan yang sulit, namun dari situ banyak pelajaran berharga yang bisa kita ambil. Untuk mengawali buku ini, John C Maxwell memberikan 3 buah persamaan yang menarik tentang Keputusan dan Disiplin.

Keputusan yang baik – Disiplin harian = Rencana Tanpa Hasil
Disiplin harian – keputusan yang baik = keteraturan tanpa hasil
Keputusan yang baik + displin harian = Karya Agung dari Potensi – potensi Anda.

Dari 12 Kunci Sukses yang dibagikan oleh John C Maxwell dalam buku ini, saya terpesona dengan 4 Diantaranya yaitu : Pikiran, Komitmen, Keuangan dan Hubungan. Dalam kunci “Pikiran” John C Maxwell menyebutkan bahwa “Pemikiran yang hebat, datang dari pikiran – pikiran yang baik”. Kita perlu untuk mengenali kemampuan kita dalam berpikir. Setiap orang memiliki fokus dan gaya pemikiran yang berbeda. Berfokuslah pada kemampuan berpikir anda dan biarkan orang lain berpikir sesuai dengan kekuatan mereka. John C Maxwell senantiasa menggunakan waktunya untuk terus memikirkan banyak hal yang menjadi kekuatannya dan cara pertama untuk memulai kesuksesan dalam pemikiran adalah dengan berpikir secara positif (pikirkanlah hal – hal yang benar).

Bagian kunci “Komitmen” menjadi bagian yang paling menghajar pemikiran saya. Jujur saja dalam kehidupan pribadi banyak hal – hal yang sudah saya coba putuskan setiap awal tahun namun sulit untuk berkomitmen menyelesaikannya. John C Maxwell mendorong kita untuk memiliki ketetapan hati dalam mencapai komitmen kita lewat displin setiap hari. Kita harus tetap melakukan apa yang benar yang sudah kita jadikan keputusan bahkan di saat kita tidak ingin melakukannya sama sekali.

John C Maxwell menilai bahwa tidak ada yang benar ataupun salah dengan menjadi orang kaya atau miskin. Pembuka dari bab kunci “Keuangan” merupakan bagian yang menurut saya paling seru. John C Maxwell sendiri menyebutkan bahwa dimasa mudanya dia tidak mampu menata keuangannya dengan baik. Bagi John C Maxwell memiliki lebih banyak uang berarti memberikan lebih banyak pilhan bagi manusia untuk mengambil keputusan. Pemikiran anda tentang uang dapat menyesatkan anda apabila uang dijadikan priritas utama dalam segala aspek kehidupan harian anda.

Bagian kunci terakhir yang memberikan pelajaran berharga adalah “Hubungan”. Di bagian ini saya mengambil komitmen untuk selalu memberikan nilai tambah kepada orang lain setiap hari. Membangun hubungan yang baik bisa dilakukan jika anda mau untuk menghargai dan mengutamakan orang lain.

Saya sangat merekomendasikan buku ini bagi anda, tua maupun muda bukan jadi penghalang untuk bisa punya hidup yang bermakna. Belajarlah dari yang terbaik maka anda akan menjadi orang yang lebih baik.

(Ditulis oleh Robin - @beanpedia)

9 comments

Write comments
Apr 18, 2016, 6:23:00 PM delete This comment has been removed by a blog administrator.
avatar
Gege Dai
AUTHOR
May 31, 2016, 12:42:00 PM delete This comment has been removed by a blog administrator.
avatar

Tinggalkan komentar anda untuk tulisan ini ^^