Harapan Sepakbola Indonesia 2013

9:37 AM 8 Comments A+ a-


Harapan Baru dan Semangat Baru Untuk Sepakbola Indonesia di tahun 2013.

Selamat Tahun Baru buat kita semua, khususnya untuk para penggemar, pecinta, dan pengamat sepak bola. Khusus untuk persepakbolaan Indonesia, Kita sudah banyak melewati banyak hal pada tahun 2012 dan secara khusus saya mencatat ada beberapa  hal yang menarik yang terjadi, mulai dari kekalahan 10-0 Timnas Indonesia atas Bahrain pada ajang kualifikasi Piala Dunia Putaran III Grup E bulan Februari 2012, terbentuknya PSSI versi KPSI yang di ketuai oleh La Nyalla Mattalitti pada bulan Maret 2012, berjalannya 2 kompetisi (LPI dan ISL) secara bersamaan, terbentuknya Joint committee yang bertujuan untuk menyelesaikan konflik dualisme, Peringkat FIFA terendah dalam sejarah pesepakbolaan Indonesia, dimana Indonesia berada di peringkat 170 dunia FIFA pada bulan Oktober 2012, kegagalan timnas Indonesia pada fase grup AFF Cup 2012, tidak mampunya tim-tim sepak bola Indonesia melunasi gaji pemainnya, kematian Diego Mendieta yang diduga akibat dari kelalaian tim Persis Solo dalam menyejahterakan pemainnya, hingga lolosnya Indonesia dari sanksi FIFA. Semua cerita tersebut akan terukir dalam buku sejarah sepak bola Indonesia pada Tahun 2012.

Kita sebagai pecinta sepak bola Indonesia sungguh sedih ketika melihat catatan pada tahun 2012 dimana hampir semua peristiwa yang terjadi pada pesepak bolaan kita bernilai negative, saya hanya mencatat satu cerita terbaik dari pesepak bolan kita yaitu terpilihnya Bambang Pamungkas sebagai pemain terbaik kelima asia pada tahun 2012.

Baiklah, lebih baik kita sekarang mulai mengalihkan focus terhadap semua kisah yang terjadi pada tahun 2012, dan biarkan semua hal tersebut tersimpan rapat dalam buku sejarah sepak bola Indonesia dan pada tahun yang baru ini tentu kita semua memiliki harapan yang besar untuk sepak bola Indonesia, mulai dari selesainya kisruh dualisme pada federasi sepak bola kita, kompetisi yang sehat, pembinaan usia dini yang sistematik, klub sepak bola yang profesional hingga terbentuknya  tim nasional yang berisikan pemain-pemain terbaik sehingga dapat bersaing pada kualifikasi Piala Asia hingga Juara Sea Games 2013 Myanmar.  Dan tentu semua hal tersebut butuh proses yang tidak mudah dan dibutuhkan komitmen dari semua stakeholder sepak bola Indonesia.

Dalam sepak bola terdapat banyak sekali drama, dan kamu dapat melihat nilai kehidupan didalamnya, hanya butuh komitmen untuk menyelesaikannya’ – Pele

(Ditulis oleh Michael O - @Mike_Oo)





8 comments

Write comments
Apr 18, 2016, 6:41:00 PM delete This comment has been removed by a blog administrator.
avatar
Gege Dai
AUTHOR
May 31, 2016, 12:36:00 PM delete This comment has been removed by a blog administrator.
avatar

Tinggalkan komentar anda untuk tulisan ini ^^