Aku Cinta Produk Indonesia : Nilai Kepahlawanan

6:00 PM 6 Comments A+ a-


Sebagai bagian dari bangsa Indonesia, bulan ini merupakan masa yang penuh dengan semangat nasionalisme tinggi karena Hari Pahlawan yang baru saja diperingati pada 10 November 2012. Salah satu nilai dari pahlawan yang perlu kita miliki saat ini adalah rasa cinta terhadap negara Indonesia. Memang negara ini bukanlah negara terbaik di dunia, melihat begitu banyaknya polemik dan permasalahan multidimensi yang terjadi saat ini. Yang patut menjadi pertanyaan mendasar tentang “Rasa Cinta”, apakah kita hanya akan cinta pada negara ini karena keunggulan yang dimiliki ? Apakah rasa cinta hanya muncul bila segala sesuatu ada dalam kondisi ideal ? Ataukah rasa cinta seharusnya tetap ada dalam kondisi terburuk sekalipun ?

Kecintaan pada Indonesia dapat diukur dari berbagai dimensi. Bila di zaman perjuangan, kecintaan ditunjukkan melalui keterlibatan dalam peperangan melawan penjajah, di zaman sekarang kita juga bisa menunjukkan kecintaan pada Indonesia, melalui rasa cinta untuk memakai produk – produk dalam negeri.


100% Cinta Indonesia adalah kampanye untuk mempromosikan merek dan produk Indonesia yang diluncurkan tahun 2009. Kampanye ini diprakarsai oleh Kementerian Perdagangan Republik Indonesia dan Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, bertujuan untuk mengubah pandangan rakyat Indonesia yang selama ini menganggap produk impor berkualitas lebih baik daripada produk Indonesia.

Konsep cinta produk Indonesia yang ingin saya sampaikan di sini bukanlah kecintaan terhadap produk Indonesia hingga menolak masukknya produk asing. Karena pada faktanya memang indonesia belum memproduksi semua barang kebutuhan seluruh dunia. Namun rasa cinta yang seharusnya membuat kita sebagai penduduk Indonesia tidak meremehkan produk dalam negeri serta mampu berpikir cermat untuk tidak sekedar termakan iklan produk luar negeri. Saya kemudian berpikir, seberapa besar sih pengaruh rasa cinta pada produk dalam negeri akan berpengaruh pada kemajuan bangsa ini ? Coba lihat gambar di bawah ini

Nah, anda bisa lihat kan bagaimana rasa cinta bisa memulai sesuatu yang besar buat bangsa ini. Saat ini pun sudah cukup banyak produk Indonesia yang dijual dan mampu bersaing di luar negeri. Beberapa di antaranya adalah :

Mungkin saat anda membaca informasi di atas, anda mengeluarkan pertanyaan yang sama dengan saya yaitu : “Hah ? itu emang merek indo toh?” Seringkali konsumen terperdaya oleh penamaan brand berkesan luar negeri dan merasa banga bahwa ia menggunakan produk luar negeri, padahal itu adalah produk lokal asli Indonesia. Karena kebiasaan konsumen yang "demam" brand luar negeri, bahka saat ini hampir semua produk - produk lokal baru diberikan merek yang berkesan luar negeri agar bisa menarik pembeli.

Dampak yang bisa kita ciptakan bersama bila kecintaan produk Indonesia semakin tinggi adalah :

1. Memperkuat ekonomi lokal sehingga mengurangi kebergantungan Indonesia pada produk asing
2. Mengurangi nilai Impor sehingga menghemat devisa negara (Kalau belum paham tentang devisa negar, bisa baca di tulisan ini DEVISA)
3. Akan memberikan kesempatan bagi masyarakat Indonesia menciptakan produk baru, karena ada keyakinan konsumsi dari masyarakat sendiri
4. Kualitas produk lokal akan meningkat karena semakin banyak pengguna maka semakin mendorong industri untuk meningkatkan kualitasnya
5. Produk Indonesia bisa semakin dikenal di seluruh dunia.

Semoga setelah membaca tulisan singkat ini, anda terdorong untuk merealisasikan rasa cinta terhadap produk Indonesia. AKU CINTA PRODUK INDONESIA !

(Ditulis oleh Robin - @beanpedia)

6 comments

Write comments

Tinggalkan komentar anda untuk tulisan ini ^^