Preview: Newcastle United vs Manchester United

9:06 AM 3 Comments A+ a-

Manchester United akan bertandang ke St. James Park, Newcastle dalam lanjutan pertandingan Barclays Premier League pekan ke-7 pada 7 Oktober 2012.

Bagi Manchester United, pertandingan iniakan menjadi pembuktian apakah mereka layak berada dalam persaingan gelar juara Premier League 2012/2013. Sedang bagi Newcastle United, akan menjadi ajang revans setelah pada pertandingan Capital One Minggu lalu mereka kalah 2-1 dari sang rival, Manchester United. 

Newcastle United saat ini sedang dalam tren yang kurang baik, pada 6 pertandingan awal Premier League 2012/2013 Newcastle United berada pada posisi 10 klasemen Liga Inggris dengan poin Sembilan. Manchester United yang pada pertandingan minggu lalu mengalami kekalahan 3-2 dari Tottenham Hotspur berada pada posisi ke-tiga dengan poin dua belas.


Melihat tren posisi klasemen, Manchester United menunjukkan grafik yang sangat baik. Hal ini disebabkan oleh empat kemenangan beruntun melawan Fulham, Southampton, Liverpool dan Wigan. Sayangnya pada pekan terakhir mereka mengalami kekalahan 3-2, yang menyebabkan mereka turun satu peringkat dari pekan sebelumnya.

5 Match terakhir Man Utd
vs  Galatasaray (h)           1-0 – Win
vs Liverpool (a)               2-1 – Win
vs Newcastle (h)             2-1 – Win
vs Tottenham (h)             2-3 – Lose
vs Cluj (a)                       2-1 – Win

Performa laga tandang Manchester United sangat baik dengan dua kali kemenangan dan satu kali kalah. Namun jika melihat secara detail pada proses permainan Manchester United pada laga away, tentu jantung para pendukung Manchester United akan dibuat berdegup kencang karena selalu kemasukan terlebih dahulu. Untung saja saat melawan Southampton dan Liverpool, Manchester United berhasil meraih kemenangan. Manchester United pada laga away memiliki total kemasukkan empat gol artinya dalam tiga pertandingan away, Manchester United rata-rata kemasukan 1.33 gol per pertandingan.


Robin Van Persie akan menjadi pemain kunci pada pertandingan melawan Newcastle. Kondisi Van persie sedang On Fire setelah pada pertandingan Liga Champions melawan Cluj berhasil mencetak dua gol. Hadirnya Wayne Rooney akan membuat permainan Robin Van persie semakin tajam.

Robin Van Persie juga selalu membuat gol pada pertandingan away saat melawan Southampton dan Liverpool, kecuali saat melawan Everton yang hanya bermain selama 22 menit setelah menggantikan Danny Welbeck. Total gol yang sudah dicetak Robin Van Persie pada Premier League 2012/2013 adalah 5 gol.


Newcastle United sedang dalam tren yang kurang baik semenjak dari pekan pertama hingga pekan ketiga performa Newcastle United turun dari posisi 6 ke posisi 11. Setelah kalah melawan Chelsea (0-2) dan seri melawan Aston Villa (1-1), kemenangan 1-0 atas Norwich City pada pekan kelima membuat mereka naik ke posisi 10.

5 Match terakhir Newcastle United:
vs Maritimo (a)                   0-0 - Draw
vs Norwich (h)                   1-0 - Win
vs Man Utd (a)                   2-1 - Lose
vs Reading (a)                    2-2 - Draw
vs Bordeaux (h)                 3-0 - Win


Newcastle United memilki record yang cukup baik jika bermain di hadapan pendukung mereka di St James Park Stadium. Mereka berhasil menorehkan dua kemenangan dan satu hasil seri. Dua kemenangan mereka raih saat menghadapi Tottenham dan Norwich City, hasil seri mereka dapatkan saat menghadapi Aston Villa dengan skor 1-1. Jika melihat pertandingan terakhir melawan Norwich, performa Newcastle United tidak terlalu menyakinkan, dengan ball possession 52.9% - 47.1%, dan total Shots  sebanyak 16 kali, mereka hanya mampu mencetak satu gol.

Average goal  Newcastle pada laga Home adalah 1.33 gol/pertandingan, artinya agresivitas mereka pada partai kandang tidak terlalu menonjol.

Ketergantungan Newcastle United pada Demba Ba sangat tinggi. Melihat performa Newcastle United pada enam laga awal, nama Demba Ba selalu muncul di papan skor pada empat pertandingan. Hal ini menunjukkan bahwa 66.7% pertandingan Newcastle selalu dicetak oleh Demba Ba. Total Gol yang sudah dibuat oleh pemain Senegal ini adalah enam gol pada Premier League 2012/2013.


Jika melihat rekor pertandingan kedua tim, tentu Manchester United jauh lebih diunggulkan dengan tujuh puluh total kemenangan berbanding empat puluh kemenangan Newcastle United. Namun jika menilik laga tandang terakhir Manchester United di St. James Park pada musim 2011/2012, tentu pendukung Newcastle United akan tersenyum lebar dengan raihan kemenangan 3-0 pada saat itu. Demba Ba, Yohan Cabaye dan Own Goal  Phil Jones menjadi pembeda skor antar kedua tim pada waktu itu. Manchester United berhasil memperoleh kemenangan terakhir di St. James park pada musim 2008/2009, yang saat itu mereka berhasil menang 1-2 dengan gol oleh Rooney dan Berbatov.  

Time of goals Analysis


15 menit awal babak pertama dan babak kedua adalah waktu riskan Manchester United untuk kemasukan gol. Total 6 gol sudah dilesatkan lawan ke gawang Manchester United atau 66.7% dari total kemasukan.

15 menit awal babak kedua dan 15 menit akhir babak kedua adalah waktu produktif Manchester United, aggresifitas permainan akan cenderung meningkat pada range waktu tersebut. Total gol pada range waktu tersebut adalah delapan gol atau 57.1% dari total gol.

Pertengahan babak pertama (menit ke 16-30) dan pertengahan babak kedua (menit ke 61-75) adalah waktu riskan Newcastle untuk kemasukkan gol. 50% dari total kemasukan Newcastle terjadi pada range waktu tersebut. Uniknya, tren memasukkan Newcastle sama dengan Manchester United yaitu pada range waktu 46’-60’ dan 76’-90’ dengan total gol 7 atau 87.5% gol dari total gol Newcastle United.

Prediksi pertandingan.
Newcastle United akan mencoba untuk memulai pertandingan dengan ball possession, peran Ben Harfa yang telah membuat dua gol dan Jonas Guitterez di lini tengah akan sangat krusial dalam membongkar lini pertahanan Manchester United. Sisi kiri dan kanan akan menjadi focus Newcastle dalam merangsek masuk pertahanan Manchester United. Hatem Ben Harfa akan berduel dengan Patrice Evra di sisi kiri dan Jonas akan berduel dengan Rafael di sisi kanan Manchester United. Demba Ba dan Papie Cisse akan menjadi andalan di lini depan Newcastle. Peran Rio Ferdinand sangat penting untuk mematikan pergerakan Demba Ba, jika tidak Demba Ba akan menjadi monster menakutkan bagi gawang Manchester United yang dikawal oleh Lindergaad.

Manchester United akan mengandalkan counter attack untuk memasuki pertahanan Newcastle United. Shinji Kagawa dan Michael Carrick akan menjadi motor serangan lini tengah Manchester United. Nani dan Rooney akan menjadi pendukung Robin Van Persie di lini depan. Tentu Rafael dan Evra juga akan membantu serangan dari sisi sayap, namun mereka harus berhati-hati untuk tidak terlalu lama meninggalkan posisinya karena Newcastle memiliki pemain dengan skill dan kecepatan berkelas seperti Ben Harfa.

Potensi Manchester United untuk kebobolan sangat besar melihat sisi lemah Manchester United pada lini bertahan dan kecepatan lawan kembali akan menjadi momok Manchester United seperti saat melawan Tottenham Hotspur.

Sisi kanan Newcastle United adalah titik lemah, posisi yang di tempati oleh D. Santon tersebut akan menjadi sasaran empuk Manchester United dalam melakukan serangan. Dua gol Reading ke gawang Steve Harper berawal dari sisi kanan Newcastle. Sisi ini perlu menjadi perhatian lebih dari Alan Pardew.
Prediksi Starting XI
Newcastle  United
S. Harper (GK), D. Santon, J.Perch, M. Williamson, S.Taylor (DF), H. Ben Arfa, J Gutierrez, V Anita, C Tioted (MF) P Cisse, D Ba (SF).
Manager : Alan Pardew

Manchester United
Lindergaad (GK), Rafael, R, Ferdinand, J Evans, P Evra (DF), Nani, Carrick, Cleverley, Kagawa (MF) Rooney, Van Persie (SF)
Manager: Sir Alex Ferguson

(Ditulis oleh Michael O - @mike_Oo)

3 comments

Write comments
Apr 18, 2016, 6:26:00 PM delete This comment has been removed by a blog administrator.
avatar
Abel Ahar
AUTHOR
Oct 20, 2016, 12:21:00 PM delete

for beginners like me need a lot of reading and searching for information on various blogs. and articles that you share a very nice and inspires me .
cara menggugurkan kandungan
obat aborsi
kalkulator kehamilan

Reply
avatar
gondes ribut
AUTHOR
Jul 24, 2017, 9:02:00 AM delete

This is a very good article material and it is very useful for us all. thank you . cara menggugurkan kandungan

Reply
avatar

Tinggalkan komentar anda untuk tulisan ini ^^