New TechnoCulture : Era Online Shopping Mall

10:30 AM 9 Comments A+ a-


 Di zaman yang dipenuhi dengan berbagai teknologi komputer, belanja online merupakan salah satu sensasi belanja baru di Indonesia. Tidak heran bagi kita bila melihat begitu banyak perusahaan online yang baru bermunculan dan membuat situs belanja online.






Sistem trenasaksi belanja bisa di kategorikan menjadi 3 jenis berdasarkan tingkat interaksi yang terjadi :


Display Produk
Jenis produk
Jenis Pembayaran
Contoh
Brick and Mortar
Di rak toko
Produk Nyata
Tunai
Belanja di mall
Semi-Online
Website
Produk Nyata
Tunai / Virtual Currency / Credit Card
Kaskus, Blibli.com, bhineka,tokobagus, berniaga.
Full-Online
Website
Virtual
Virtual Currency /Credit Card
Google Play, Beli Antivirus, Apple Store, Blackbery App

Pada pembahasan kali ini, kita tidak memisahkan antara jenis transaksi belanja Semi-Online dan Full-Online. Dalam proses melakukan sistem transaksi belanja online, dibutuhkan “kepercayaan” yang besar antara Pembeli maupun Penjual. Kepercayaan yang tinggi dibutuhkan karena tidak terjadi interaksi tatap muka secara langsung antara pembeli dan penjual.

Nih beberapa online shopping mall yang ada di Indonesia :



Indonesia memulai  sistem belanja online melalui berbagai forum Jual Beli yang tersedia. Sebut saja FJB Kaskus atau Multiply yang sudah berdiri sejak lama dan menjadi sarana penghubung transaksi Jual Beli. Dalam melakukan transaksi belanja online, tidak jarang terjadi penipuan seperti penjual yang tidak mengirimkan barang, pengiriman barang dengan kualitas tidak sesuai perjanjian hingga keterlambatan pengiriman. Agar anda terhindar dari penipuan dalam berbelanja di forum Jual beli, pastikan beberapa hal beriku sebelum membeli :

1. Penjual memiliki kredibilitas yang baik di forum tersebut. Untuk mengetahuinya, seringkali penyedia forum memberikan rating / rekomendasi pada penjual – penjual yang sudah terbukti berkualitas.
2. Hubungi penjual secara langsung melalui telepon. Pastikan anda tidak hanya diberikan 1 nomor telepon saja.
3. Sebisa mungkin transaksi dilakukan secara COD (Cash on Delivery) sehingga anda bisa bertemu muka secara langsung dan mengecek kualitas barang yang dibeli.

Pada awal tahun 2011, mulai banyak perusahaan baru yang mendirikan situs belanja online. Berbeda dengan belanja di forum jual beli, proses belanja di situs belanja online memberikan lebih banyak keyakinan bagi pembeli. Pembeli bisa lebih tenang dalam berbelanja karena situs – situs seperti ini dibuat oleh perusahaan / institusi resmi yang kantornya bisa anda datangi kapan saja bila terjadi masalah. Situs belanja online juga menyediakan proses pembayaran secara elektronik yang sudah “verified” oleh Bank atau penyedia layanan bayar resmi lainnya.

Bisnis belanja online melalui website sudah banyak beredar di Indonesia, namun memang masih dibutuhkan banyak upaya untuk mengubah kebiasaan belanja masyarakat. Untuk produk – produk tertentu seperti fashion dan makanan, masyarakat masih terbiasa pada metode “ Fell and touch” untuk bisa menentukan jenis barang yang ingin dibeli.



Situs belanja online seperti blibli.com dan tokobagus.com melakukan berbagai cara untuk meningkatkan penjualan dan menjadi lebih dikenal oleh masyarakat. Situs blibli.com dan tokobagus.com bukan saja menempatkan diri sebagai situs penjualan online biasa, namun sudah bertransformasi menjadi “Online Shopping Mall”. Konsep Online shopping mall adalah bentuk situs opnline yang menual berbagai jenis barang.  Aktifitas promosi seperti iklan TV, baliho di pinggir jalan hingga harga – harga promosi yang fantastis melalui penjualan Online.

Dengan semakin majunya teknologi internet dan sistem informasi di Indonesia, belanja secara online merupakan masa depan yang baik bagi pertumbuhan perekonomian. Beberapa manfaat positif yang bisa diambil dari proses belanja online adalah :

1. Proses transaksi yang lebih praktis, anda bisa membeli barang kesukaan anda hanya dengan memilih lewat smartphone, pc table atau laptop selama anda jaringan internet. Tidak perlu melalui jalan yang macet atau harus antri cari parkiran di mall.
2. Proses transaksi 24 jam non stop. Karena menggunakan website, anda bisa lakukan transaksi tanpa batasan waktu.
3. Kalau anda tidak perlu datang langsung ke tempat belanja, anda sudah menghemat biaya – biaya seperti : biaya bensin kendaraan / biaya angkutan umum dan biaya parkir kendaraan.

Saya punya keyakinan yang besar dari proses belanja online untuk berkembang di Indonesia. Yang perlu kita tunggu adalah bagaimana proses perubahan budaya belanja masyarakat di Indonesia. Semakin meningkatnya aktifitas ekonomi di sebuah negara merupakan indikator pertumbuhan ekonomi yang baik. Meskipun belanja online memudahkan dan praktif bagi anda, saran saya janganlah menjadi masyarakat yang konsumtif. Tetap bijak dalam menggunakan uang anda karena apa yang anda habiskan dalam sekejap waktu di depan laptop / gadget merupakan hasil keringat anda selama sebulan penuh ^^. 
Be smart and open your mind to new technoculture change !

(Ditulis oleh Robin - @beanpedia)

9 comments

Write comments
Apr 18, 2016, 6:29:00 PM delete This comment has been removed by a blog administrator.
avatar

Tinggalkan komentar anda untuk tulisan ini ^^