Oct 18, 2012

Keep Calm and Carry On


Baru-baru ini saya menemukan sebuah trend dimana banyak orang gemar memasang foto di profile picture BBM atau share gambar via social media dengan memuat slogan “keep calm and .....”

Pada tau gak sih asal usul kata-kata di poster tersebut?

Sebenarnya poster – poster tersebut merupakan modifikasi dari slogan “Keep Calm and Carry On”yang sederhana nan unik dan menjadi trend masa kini.  Sebenarnya slogan tersebut pertama kali muncul pada sebuah poster propaganda yang dibuat oleh Pemerintah Inggris pada tahun 1939 di masa Perang Dunia Kedua. Tujuan dari slogan tersebut adalah memberikan semangat dan keberanian untuk membangun moral masyarakat Inggris pada zaman itu. 

Poster tersebut merupakan poster ketiga yang diterbitkan. Sebelumnya Pemerintah Inggris pun pernah menerbitkan 2 buah poster lainnya dengan slogan
  1. "Freedom Is In Peril. Defend It With All Your Might" (dicetak sebanyak 400.000 eksemplar)
  2. "Your Courage, Your Cheerfulness, Your Resolution Will Bring Us Victory" (dicetak 800.000 eksemplar)

Semua poster tersebut disebar ke seluruh penjuru Inggris dengan tujuan untuk memotivasi warganya. 

Nah, yang jadi pertanyaannya adalah apa makna yang tersirat dibali slogan dan poster tersebut ? Bila dilihat dari perspektif semiotikanya, poster yang diberi background warna merah memberikan makna keberanian, icon "Tudor" mahkota yang didesain di atas sebelum kalimat “keep calm” mempunyai makna bahwa pesan tersebut datang dari Kerajaan (Raja Inggris ). Tulisan dengan font yang dibuat sederhana agar mudah dibaca dengan kata-kata tersebut memiliki makna ‘untuk menguatkan’ . 


Pada tahun 2000, salinan "Keep Calm dan Carry On" poster ditemukan kembali di Barter Books, sebuah toko buku bekas di Alnwick, Northumberland. Sejak Hak Cipta Crown berakhir pada karya-karya seni yang diciptakan oleh pemerintah Inggris setelah 50 tahun, maka poster tersebut kini berada dalam domain publik. 

Dengan demikian pemilik toko Stuart dan Maria Manley dapat mencetak ulang salinan buku atas permintaan pelanggannya. 

(foto toko stuart dan maria manley  -- http://www.telegraph.co.uk/news/8785585/Battle-rages-over-Keep-Calm-and-Carry-On-souvenirs.html)

Sehingga sejak saat itu, slogan tersebut  menginspirasi masyarakat dalam pembuatan mug, kaos, jargon kampanye politik dan merchandise. Ada pula pihak – pihak yang menggunakan desain poster sebagai contoh untuk membuat desain parodi poster. Salah satu parodi poster yang menarik adalah mengubah frase dan memakai icon mahkota terbalik dengan slogan "now panic and freak out ".



So, kita sekarang mengerti makna dari gambar yang banyak di pasang di BBM dan social media. Sebagai anak muda Indonesia we alls have to Stay Calm and Carry on dalam menghadapi berbagai polemik negeri ini.

(Ditulis oleh Elkana - @el_lewe)

Reactions:

1 comments:

Terjawab sudah pertanyaan saya. Terimakasih infonya :)

Post a Comment

Tinggalkan komentar anda untuk tulisan ini ^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...