Sweet Escape Experiences at Kepulauan Seribu

11:35 PM 5 Comments A+ a-


Kepulauan Seribu sangat familiar di telinga saya dan kawan-kawan. Namun keindahan sesungguhnya baru kami nikmati pada 15-16 September 2012  kemarin. Perjalanan kali ini kami dibantu oleh biro tour (karena tidak tahu wilayah sebenarnya) telah diatur sedemikian rupa untuk sweet escape ini.

Pelabuhan Muara Angke
Pukul 05.00 WIB, kami berkumpul di pelataran parkir kantor Kompas Gramedia untuk berangkat ke Muara Angke. Sempat nyasar hingga Ancol hehehe tapi akhirnya kami menemukan jalan menuju Pelabuhan Muara Angke. Karena posisi pelabuhan yang berdekatan dengan pasar sayur dan ikan, kondisi jalan cukup padat dan cukup dilewati 1 mobil saja. Kami sampai di pelabuhan pkl 06.30 WIB dan bertemu dengan biro tour di tempat yang telah disepakati. Di sepanjang jalan, tampak gerombolan orang muda dan tua yang menenteng tas dan hendak  menghabiskan weekend mereka di Pulau Seribu.

Untuk bisa sampai ke Pulau Seribu, kami harus naik kapal dengan biaya sebesar Rp 32.500,-. Harga yang masuk akal mengingat jauhnya perjalanan kami. Awalnya, aku sudah membayangkan kondisi kapal yang akan dipenuhi orang seperti sayur (cerita salah satu teman yang sudah pernah berangkat ke Pulau Seribu) ternyata kapal kami bersih dan tidak banyak penumpang. Tenanglah hatiku tidak perlu berdesakan seperti kapal di samping *lirik*.

Pukul 07.30 WIB, kapal bergerak meninggalkan pelabuhan untuk meluncur ke Pulau Pramuka tempat tinggal kami selama di Pulau Seribu. Matahari hari ini menyapa dengan sumringah begitu pula dengan angin laut yang memainkan rambut kami seolah tidak berhenti bercanda. Beberapa penumpang duduk di dek kapal untuk melihat pemandangan selama perjalanan, ada juga yang memilih untuk istirahat di dalam dengan beralaskan tikar dan life jacket. Selama 2.5 jam Kami memilih untuk istirahat di dalam saja sembari menghayati perjalanan sekaligus melihat jejeran pulau kecil di sepanjang lautan.

Sesampainya di Pulau Pramuka, kami disambut oleh guide yang mengantarkan ke penginapan yang telah disepakati. Kamipun berbenah unuk melanjutkan agenda selanjutnya yaitu snorkling ke Pulau Semak Daun dan Pulau Gosong Air.

Pulau Semak Daun
Pulau kecil ini memberikan keindahan pasir putih serta air hijau yang jernih hingga terlihat karang warna-warni serta ikan yang berenang dengan indahnya. Disambut sebuah dermaga kayu yang keren dan kontras dengan warna laut yang bening. Lautnya indah sekali, ketika mulai menjelajahi pulau ini, aku seperti Ariel bahkan telingaku berdendang lagi soundtrack Little Mermaid hahaha. Seperti ada keberanian berlebih, aku berani berenang jauh dari kapal sampai guideku memanggil untuk tidak terlalu jauh.



Sunset
Snorkling sudah, foto di atas kapal sudah.. apalagi yang kurang yah?? Foto di pinggir pulau yang belum. Sesampainya di pulau tempat kami menginap, para fotografer handal sudah bersiap dengan peralatan perang mereka. Mereka menunggu kembalinya fajar ke peraduannya. Aku hanya jadi model saja kali ini sambil minum kelapa muda dalam batok dan berbincang penjualnya. Biasa interview dikitt… ^^.

Pengalaman hari ini, sangat menyenangkan dan seru. Terutama, baru kali ini, aku berani berenang di laut dan merasakan indahnya taman laut. Kenikmatan dan keindahan laut ini membuatku ingin kembali ke pulau ini di lain hari dengan tingkat yang lebih daripada sekarang. Dari pengalaman ini, aku cuma bisa berkata.. Rancangan Tuhan itu luar biasa di bumi maupun di lautan luas. Sangat disayangkan kalau keindahan itu mulai dieksploitasi oleh tangan tak bertanggung jawab. Tolong jangan cemari laut yang indah ini;)

(Ditulis oleh Nita - @akuneeta)

5 comments

Write comments
Apr 18, 2016, 6:26:00 PM delete This comment has been removed by a blog administrator.
avatar

Tinggalkan komentar anda untuk tulisan ini ^^