Luis Suarez vs Patrice Evra: Noda Hitam Peringatan Hillsborough

1:39 PM 8 Comments A+ a-


Pertandingan Liverpool versus Manchester United adalah pertandingan pertama pasca diumumkannya laporan pihak panel Tragedi Hillsborough.

Momen peringatan Tragedi Hillsborough akan dilakukan tepat sebelum kick off  pertandingan Liverpool versus Manchester United pada hari tanggal 22 September 2012, Kedua tim sepakat untuk melakukan acara prosesi peringatan dengan melepaskan 96 buah balon ke udara. 96 adalah jumlah korban tewas dalam Tragedi Hillsborough 1989 silam. Pihak Liverpool akan diwakili oleh sang kapten Steven Gerrard dan Manchester United akan diwakili oleh Nemanja Vidic.

Namun potensi untuk rusaknya ketenangan peringatan Hillsborough ini cukup besar jika melihat perselisihan yang masih terjadi antara Luis Suarez dengan Patrice Evra, akibat kasus rasis yang pernah dilakukan Luis Suarez pada pertandingan di Anfield 15 Oktober 2011. Luis Suarez dihukum delapan pertandingan.

Kekhawatiran akan tindakan ‘tolak’ jabat tangan oleh Patrice Evra tentu akan merusak ketenangan dari peringatan Tragedi Hillsboroungh, di mana hal itu pernah dilakukan Patrice Evra dan Rio Ferdinand saat pertandingan di Old Trafford Febuari silam. Tepat seminggu lalu, ‘tolak’ jabat tangan juga dilakukan Anton Ferdinand dan Park Ji Sung terhadap John Terry dan Ashley Cole saat pertandingan Chelsea versus QPR.

Pertanyaannya, akankah FA menghilangkan ritual jabat tangan tersebut saat pertandingan Liverpool versus Manchester United atau kedua tim sepakat untuk tidak memainkan kedua pemain demi menghormati korban Tragedi Hillsborough?.

Pada prinsipnya, ritual jabat tangan dilakukan sebagai bentuk sikap respect antar pemain. Ritual ini sudah dijalankan FA sejak empat tahun lalu namun jika respect itu hilang maka akan menghancurkan value dari olahraga, apalagi bertepatan dengan peringatan Tragedi Hillsborough. Ini akan menodai  prosesi peringatan tragedi terbesar dalam sepak bola Inggris tersebut.

Akankah Patric Evra digantikan oleh Alexander Buttner demi menjaga rasa hormat kedua tim yang memiliki sejarah besar dalam sepak bola Inggris? Atau Patrice Evra akan  memiliki jiwa besar dan dengan gagah melayani jabat tangan Luis Suarez? Tentu Alex Ferguson sangat paham akan karakter Patrice Evra dan potensi yang akan terjadi jika Patrice Evra dimainkan. Bisa dipastikan pihak Manchester United akan menghomati korban Hillsborough dan kepada Liverpudlian yang berduka. Mari kita nantikan.

(Ditulis oleh Michael O - @mike_Oo)

8 comments

Write comments
Apr 18, 2016, 6:27:00 PM delete This comment has been removed by a blog administrator.
avatar
Gege Dai
AUTHOR
May 31, 2016, 12:42:00 PM delete This comment has been removed by a blog administrator.
avatar

Tinggalkan komentar anda untuk tulisan ini ^^