Kuliner Emperan : Nasi Uduk Kebon Kacang

1:14 PM 10 Comments A+ a-


Apa yang diingat orang tentang Kebon Kacang? Beberapa kawan menjawabnya Nasi Uduk.

Bener banget! Kawasan ini punya sederet nama penjual Nasi Uduk yang familiar di telinga para pecinta kuliner Jakarta seperti Nasi Uduk Babe Saman, Nasi Uduk Zainal Fanani, dan lain-lain. Kalian boleh mencobanya satu persatu tergantung dari selera mau makan di mana.

Kali ini, aku mencoba makan di Nasi Uduk Zainal Fanani. Tempatnya sangat Betawi, dilihat dari interior dan cat yang digunakan, warna hijau dan kuning. Ruangannya luas dan bersih. Tidak jarang aku temui, pelanggan harus menunggu sampai ada tempat kosong karena ramainya pengunjung di tempat ini. Untungnya saat aku mampir, tidak terlalu banyak orang yang makan malam itu. Makanya pesanan makan malam saya tiba dengan tepat waktu.. *horee*

1 potong ayam serta tahu plus tempe goreng dan sebaki nasi uduk *ups*.

Heran kan kok makan sebaki nasi uduk? Penyajian nasi uduk di sini tidak disajikan dalam piring tapi dalam bungkusan kecil yang dibungkus daun pisang dan diletakkan berkoloni dalam baki. Tidak tentu berapa jumlahnya, tergantung dari jumlah pengunjung, bisa 10 – 20 bungkus nasi uduk yang disajikan. Jadi, tidak akan merasa bersalah kalau makan beberapa bungkus nasi uduk di sini karena isinya cukup dimakan dalam 3-4 kali lahap. Bentuknya pun unik seperti gunung yang meletus dengan taburan bawang goreng di atas seperti laharnya. J

Harganya Rp 4.000 untuk satu bungkus nasi uduk di sini. Saran saya, kendalikan nafsu makan kalau mau makan di sini, karena tangan tidak akan berhenti sekali mencomot nasi gurih berserta sambal kacang khas Kebon Kacang ini. Nikmatnya sambal kacang serta sambal bajak (saya tahu nama sambal ini dalam bahasa Jawa saja) membuat tangan tidak berhenti mengusap keringat saking nikmat pedasnya diselingi dengan es teh jumbo. Mantap banaarr makananku!!

Total seluruh makan malam saya Rp 24.000.
(1 potong ayam @ Rp 12.000, 1 potong tahu Rp 2.000, 1 potong tempe Rp 2000)


Oiya, melongok ke depan rumah makan, ada 2 (dua) penjual panganan kecil yang bisa mengembalikan memori kita akan jajanan masa kecil yaitu kue rangi dan kerak telor. Baunya wangi dan khas sehingga tidak ada salahnya mencicipinya sembari menunggu pesanan kita atau bisa juga dibawa pulang.

Recommended buat kalian yang ingin mencoba ketenaran nasi uduk Kebon Kacang.

Penasaran? Mampir yuk......

Nasi Uduk Zainal Fanani
Kebon Kacang VIII No. 11
Jakarta Pusat

(Ditulis oleh Nita - @akuneeta)

10 comments

Write comments
Apr 18, 2016, 6:30:00 PM delete This comment has been removed by a blog administrator.
avatar
Gege Dai
AUTHOR
May 31, 2016, 12:36:00 PM delete This comment has been removed by a blog administrator.
avatar

Tinggalkan komentar anda untuk tulisan ini ^^