IPhone 5 is Finally Revealed !

8:57 AM 15 Comments A+ a-

Finally the new iPhone telah diumumkan secara resmi. Apple seakan-akan menjawab rasa ingin tahu semua orang lewat event yang diadakan mereka (00.00 WIB)  di Gedung Yena Buena Center for the Art, San Fransisco.

Sebelumnya, Apple pada tanggal 4 Sepetember 2012 memberikan invitasi unik ke media untuk mengikuti even ini. Sudah menjadi kebiasaan Apple memang untuk tidak memberitahu apa yang akan diumukannya melalui invitasi tersebut. Dalam undangan tersebut hanya ada angka 12 dengan bayangan berbentuk angka 5 dan tulisan it’s almost here. Gedung pun dicat warna warni dan ada logo Apple ditengahnya.

Spekulasi pun bergulir. Apple akan mengumumkan iPhone 5 di tempat itu. Sebuah iPhone yang ditunggu-tunggu karena beberapa hal. Pertama, iPhone 4s tidak terlalu memuaskan para pelanggan Apple, Kedua, semua orang bertanya menanti produk apakah yang akan dikeluarkan untuk menjawab tantangan pasar smartphone yang saat ini dikuasai Android (ex: Samsung Galaxy S3, dan  HTC one X)

Iphone 5 Ads

Dan....jengjengjeng, akhirnya diumumkan. Iphone 5 adalah generasi keenam iPhone. Salah satu hal yang unik adalah selama ini Apple selalu merahasiakan dengan ketat seperti apakah produk buatannya, walaupun banyak rumor dan spekulasi seperti apakah bentuk iPhone itu. Kali ini.... apa yang dilihat di iPhone 5 adalah seperti apa yang ada dalam spekulasi. Sesuatu yang istimewa tetapi tidak mengejutkan!! Baiklah mari kita lihat seperti apa spesifikasi dan apakah yang menarik dari iPhone 5

Dimensi dan Material
Sesuai dengan harapan, iPhone 5 lebih tipis 18 persen dari pendahulunya iPhone 4s. Memiliki ketipisan 7,6mm yang diklaim Apple sebagai  smartphone tertipis di dunia, dan memiliki bobot 20 persen lebih rendah dari pendahulunya yaitu 112 gram. Sebagai perbandingan Samsung Galaxy S3 memiliki ketipisan 8,6 mm dan bobot  133 gram. Bisa jadi klaim Apple ini sungguh nyata! Inovasi material juga dibuat oleh Apple dalam material mereka menggunakan body alumiunium dan metal glass membuat iPhone 5 terlihat premium.

Layar dan Resolusi
This is really expected by costumer. Finally, setelah 5 generasi, Apple tidak lagi mempertahankan layar 3,5” inch nya. Layar iPhone 5 kini lebih lebar dan sesuai ‘permintaan’ yaitu 4”inch. Menghadapi tuntutan pasar di mana para pesaing sudah menggunakan layar besar, Apple pun tak mau ketinggalan, apalagi dipicu ketidakpuasan menggunakan layar 3,5”. Aspek rationya pun berubah dari 4:3 menjadi 16:9. Resolusi layarnya mencapai 1136 x 640 pixel dengan kerapatan 326 ppi, sehingga baris icon pun yang semula 4 baris kini menjadi 5 baris.

Prosesor, Baterai, dan OS
Dapur pacu iPhone 5 memakai chip baru yaitu chip A6. Menurut Apple, chip ini 2x lebih cepat dari chip A5, bentuknya pun 22 persen lebih kecil dari A5. Baterai pun lebih tahan lama mengingat dimensi dari iPhone 5 yang tambah besar, maka otomatis baterainyua pun akan dibuat kapasitas lebih besar.

OS (Operating System)
Tak mau ketinggalan dalam urusan operating system (OS), Apple mengeluarkan iOS 6. Fitur baru apa saja yang ada di iPhone 5 dengan iOS 6? Apple yang telah meninggalkan Gmaps mengeluarkan peta bawaannya lengkap dengan cartography dan navigasi turn by turn, serta view fly over yang mengagumkan. Integrasi Facebook dengan kalender dan kontak tak integrasi dengan Siri J. Feature Siri pun diperbaharui, ada banyak bahasa yang bisa dimengerti (tambah pinter yak Siri :p) bisa memberikan rekomendasi yang lebih akurat dan dalam pengaturan Facebook, petra, foto. Tentu saja tidak mau ketinggalan teknologi icloud, di mana pengguna iPhone 5 bisa menyimpan dan share foto via icloud.

Konektivitas Internet
Sudah barang wajib kalau punya smartphone, pengennya internet mesti lancarrrrr... Nnah untuk urusan ini Apple sudah berbenah, mereka (benar2!) menggunakan teknologi LTE (Long Term Evolution) atau jaringan seluler nirkabel tercepat saat ini, 4G. Karena mengingat kekecewaan pada produk iphone 4s yang cuma nama doank disematkan LTE tetepi tidak pernah ada di iPhone 4s. Namun dukungan LTE tergantung jaringan yang disediakan oleh operator di berbagai macam negara. Sayang sekali tidak ada NFC di iPhone padahal NFC (near field communication) bisa mengoptimalkan file sharing dengan kecepatan yang melebihi bluetooth dan juga bisa berfungsi sebagai mobile wallet. Jadi anda dapat bertransaksi tanpa pakai kartu ATM, debit, kredit, flash dll cukup menggunakan teknologi NFC.

Iphone Revolution
Kamera
Kamera di belakang iPhone 5 sudah mengalami peningkatan. Kamera 8MP dan bukaan lensa f2/4, dan sudah mampu merekam gambar HD 1080px dan kamera depannya 720px. Apple menyebutnya iSight dengan resolusi 3264x448 pixels. Apple mengklaim dengan teknologi panorama yang terbaru dapat mengabadikan gambar panorama yang berukuran 28 MP, woww!

Others
Hal-hal lain yang berubah adalah dok konektor yang dibuat lebih kecil dari 4s, iPod, dan iPad, dari biasanya 30 pin menjadi 8 pin. Artinya untuk mencharge pun tidakbisa menggunakan adapter lama. Audio diperbaharui dengan fitur new beam forming, sebuah sistem perekam suara untuk kualitas lebih baik. Earpod pun didesain baru, meningkatkan durabiliti dan kualitas akustik.

Masalah harga, di US untuk model 16 GB (199$); 32 GB (299$) dan 64GB (399$). Yang menghebohkan adalah pemotongan gila-gilaan untuk iPhone 4s (99$) dan iPhone 4 (FREEEE) dengan kontrak selama 2 tahun. Wow, sangat menggiurkan hehe.

Beralih ke review pribadi saya. Menurut saya, inovasi Apple kali ini tidak terlalu mengejutkan dan banyak menjawab permintaan pasar. Teknologi yang diusung sperti LTE dan NFC sudah  ada pada Android dari lama. Mungkin banyak yang kecewa akan produk iPhone 5 yang tidak terlihat wow dan amazing seperti ketika Steve Jobs mengumumkan “one more thing...”, ungkapan yang selalu ditunggu karena membawa revolusi pada dunia teknologi. Tapi bagi pecinta Apple yang sudah terlanjur fanatik, teknologi biasa terkadang dihiraukan hehehe.

Nah anda mau mencoba atau tidak iphone 5?? Itu pilihan ;) Sekali lagi Welcome iPhone 5 J

(Ditulis oleh Nandasetya - @nandasetyakk)

15 comments

Write comments
Apr 18, 2016, 6:20:00 PM delete This comment has been removed by a blog administrator.
avatar
Gege Dai
AUTHOR
May 31, 2016, 12:50:00 PM delete This comment has been removed by a blog administrator.
avatar
Oct 2, 2016, 3:19:00 PM delete

This blog is so nice to me. I will continue to come here again and again. Visit my link as well. Good luck
obat aborsi

Reply
avatar

Tinggalkan komentar anda untuk tulisan ini ^^