Hari Pelanggan Nasional - Dunia Bisnis Horizontal

2:43 PM 0 Comments A+ a-


Tahukah anda kalau hari ini 4 September 2012 adalah hari pelanggan nasional yang dicanangkan oleh Presiden RI sejak tahun 2003 ? HARPELNAS (hari Pelanggan Nasional) dicetuskan oleh Bapak Handi Irawan sebagai CEO dari Frontier Consulting (www.haripelanggan.com). HARPELNAS muncul dengan semangat bahwa "Negara ini membutuhkan revolusi kepuasan Pelanggan".

Inti dari peringatan HARPELNAS adalah mengingatkan pelaku bisnis (perusahaan) untuk bisa lebih dekat dengan pelanggannya serta memahami kebutuhan pelanggan. Proses memahami pelanggan seringkali sulit untuk dilakukan oleh perusahaan yang masih memiliki mindset “Vertikal” Artinya perusahaan yang berpikir bahwa perusahaan memiliki posisi yang lebih tinggi dari pada pelanggannya. Kenyataan yang harus dihadapi saat ini bahwa dunia bisnis sudah menjadi dunia yang “horizontal” dimana posisi perusahaan dan pelanggan itu setara dan seharusnya menjadi partner untuk bisa saling mendukung.

Dalam mindset “horizontal” setiap produk yang akan dihasilkan oleh perusahaan akan di gali ide awalnya dari kebutuhan pelanggan. “Dari Pelanggan dan Untuk Pelanggan” adalah motto yang tepat untuk menggambarkan proses penciptaan produk di masa sekarang ini.


Pengembangan teknologi yang juga dilakukan oleh perusahaan, merupakan salah satu investasi yang dialkukan untuk lebih mengenal karakteristik pelanggannya. Dengan pemahaman yang komprehensif terhadap pelanggan maka perusahaan dapat menyususn strategi yang efektif dan efisien !

Tema HARPELNAS tahun ini adalah “Senyum Pelanggan Indonesia” dengan motto “ Senyum Pelanggan Senyumku Juga”. Handi Irawan berpesan bahwa : “Sukses Bisnis tetap sama, ciptakan kepuasan dan loyalitas pelanggan. Pelanggan aset utama dan sumber inspirasi untuk inovasi."

Dalam pandangan saya, bisnis yang sukses adalah bisnis yang mampu menyenangkan hati pelanggannya. Secara sederhana, berbisnis merupakan proses anda mendorong konsumen secara rela menyerahkan uangnya kepada anda sebagai timbal balik dari manfaat yang anda berikan. Dengan memahami konsumen dan memberikan pelayanan yang terbaik maka perusahaan akan mampu memperoleh loyalitas pelanggannya. Pelanggan yang loyal punya kecenderungan untuk melakukan promosi “Word of Mouth” dan merekomendasikan bisnis kita kepada orang lain.


(Ditulis oleh Robin - @beanpedia)