Garudaku Lama Tertidur

8:21 AM 9 Comments A+ a-


Pecinta sepak bola Indonesia, apakah masih ingat, kapan terakhir kali Indonesia mengangkat piala pada level regional ASEAN? Atau melihat sepak bola Indonesia berjaya pada level Asia?

Kekuatan sepak bola Indonesia pernah sangat ditakuti di level Aasia bahkan dunia. Sejarah mencatat bahwa Indonesia yang pada waktu itu bernama Hindia Belanda pernah mengikuti Piala Dunia pada tahun 1938. Tepat pada tanggal 5 Juni 1938, Indonesia bertemu dengan Hongaria di stadion Velodrome Municipale, Reims Prancis yang disaksikan oleh 10.000 penonton. Pada waktu itu Indonesia diperkuat oleh pemain keturunan Melayu, Tionghoa dan Belanda. Pemain-pemain yang memperkuat timnas Hindia Belanda pada waktu itu antara lain Tan Mo Heng, Pan Hong Tjien, Hu Kon, Tan Siong Houw.Indonesia kalah dari Hongaria dengan skor 6-0, yang akhirmya Hongaria menjadi Runner up Piala Dunia 1938.

Pada tahun 1950-an, sepak bola Indonesia semakin diperhitungkan. Tahun 1956, Indonesia lolos ke perempatfinal Olimpiade Melbourne dan bertemu dengan Uni Soviet yang waktu itu diperkuat oleh salah satu penjaga gawang legendaris dunia, Lev Yashin. Indonesia mampu menahan imbang 0-0, walaupun pada pertandingan kedua Indonesia kalah 4-0. Sebuah kebanggaan buat Indonesia mampu menahan imbang Uni Soviet karena waktu itu Uni Soviet merupakan salah satu kekuatan sepak bola Eropa. Bahkan tahun 1960, Uni Soviet menjadi juara Piala Eropa di Prancis. Itu, prestasi tertinggi Indonesia di kancah kompetisi level dunia.

Tahun 1958, Indonesia mengikuti kualifikasi piala dunia, mengalahkan China pada ronde pertama, namun Indonesia menolak menghadapi Israel pada ronde dua kualifikasi piala dunia karena alasan politik. Prestasi Indonesia pada tahun 1958 tidak hanya selesai sampai di situ, karena Indonesia mampu menjadi juara 3 di Asian Games Tokyo setelah mengalahkan India 4-1.

Di tahun 1960-an lahir pemain-pemain hebat sekelas Surya Lesmana, Iswadi Idris, Yudo Hadianto, Anwar ujang, Max Timisela, Jacob Sihasale, Kadir sampai Soetjpto Soentoro. Prestasi terbaik pada tahun itu adalah juara Piala Merdeka 1961, 1962, 1969 dan Piala Raja 1968. Prestasi yang lebih membanggakan adalah 4 pemain Indonesia terpilih menjadi pemain Asia All Stars, mereka adalah Soetjpto Soentoro, Kadir, Jacob Sihasale, dan Iswadi Idris. Prestasi Indonesia makin baik tahun 1970, pada era ini lahir pemain-pemain sekelas Ronny Pattiranasarany, Junaedi Abdillah, Yohanes Auri, Risdianto, Nobon Kayamudin, Ronny Paslah dan Sutan Harhara. Tahun 1972, Indonesia menjadi juara setelah mengalahkan Uruguay 2-1 pada ajang Piala Sukan di Singapura.

Pada tahun 1986, Sinyo Alindoe nyaris membawa Indonesia mengikuti Piala Dunia namun akhirnya kalah oleh Korea Selatan dengan aggregate 6-1. Di tahun yang sama, tim nasional Indonesia yang dilatih oleh Bertje Matulapelwa merebut peringkat 4 di ajang Asian Games Seoul setelah kalah oleh Kuwait dalam perebutan peringkat 3. Prestasi terbaik Indonesia adalah juara Sea Games Manila 1991, setelah mengalahkan Thailand 4-3 lewat adu pinalti, dan itulah prestasi terakhir Indonesia di level internasional.

Itulah rangkaian prestasi yang pernah diraih oleh tim nasional Indonesia, menunjukkan bahwa Burung Garuda kita mampu terbang tinggi dalam kancah pesepakbolaan dunia. Namun sampai saat ini, tepat 20 tahun, tim nasional Indonesia belum pernah meraih prestasi lagi, bahkan tren prestasi Indonesia semakin buruk. Rekor kekalahan terbesar dipecahkan pada 29 Februari 2012 setelah kalah 10-0 dari Bahrain dan rekor peringkat FiFA terendah dalam sejarah sepak bola Indonesia dipecahkan pada bulan Agustus 2012 di mana Indonesia menempati peringkat 159. Hal ini makin diperparah oleh adanya dualisme organisasi tertinggi sepak bola Indonesia, PSSI.

Yaa, Garuda Indonesia saat ini sedang tertidur pulas setelah dengan gagah terbang tinggi, dengan semangat tanpa kenal lelah untuk meraih prestasi. Saatnya semua pihak bersatu untuk membangunkan kembali Garuda kita supaya dapat terbang tinggi untuk meraih prestasi.
Mari Bangun Kembali Garudaku !!!

(Ditulis oleh Michael O - @mike_Oo)

9 comments

Write comments
Gege Dai
AUTHOR
May 31, 2016, 12:42:00 PM delete This comment has been removed by a blog administrator.
avatar

Tinggalkan komentar anda untuk tulisan ini ^^