D'cost : Promosi Nyeleneh, Meningkatkan Brand Recognition

2:51 PM 10 Comments A+ a-


Siapa yang tidak kenal dengan restoran D’Cost?

D'Cost (www.dcostseafood.com) saat ini sudah  tersebar di beberapa kota besar di Indonesia. “Harga Kaki 5, Kualitas Bintang 5” begitulah tagline yang diusung oleh restoran dengan menu utama seafood sebagai andalannya.

Dalam melaksanakan bisnisnya, ada beberapa hal penting yang dilakukan D’Cost berkaitan dengan tagline yang diciptakan untuk konsumennya tersebut.

“Harga Kaki 5” Manajemen D’Cost memiliki kebijakan penetapan harga yang tidak lebih mahal dari Harga Ibu Masak Sendiri. D’Cost memberikan harga yang kompetitif kepada konsumen sebagai salah satu keunggulan yang ditawarkan.

“Mutu Bintang 5”  D’Cost mengaplikasikan desain tempat makan yang simpel namun tetap bersih, sejuk dan berkapasitas besar. Dalam menjalankan proses bisnisnya, D’Cost mengaplikasikan sistem informasi yang komprehensif. Penerapan sistem informasi yang canggih bisa dilihat dari sistem antrian yang terkomputerisasi, hingga pengguaan gadget untuk pencatatan ordering melalui jaringan wireless. D’Cost juga terbuka terhadap komplain dan masukan dari pelanggan dengan menyediakan line sms komplain agar bisa terus menjaga kualitas pelayanan yang diberikan.

Inovasi terbaru yang dibuat oleh D’Cost adalah “Ipad Self Ordering”, konsumen bisa memesan sendiri menu makanan yang diinginkan selama menunggu dengan menggunakan Ipad yang disediakan D’Cost di waiting area.

Saya tidak bisa banyak berkomentar mengenai kualitas makanan yang diberikan karena lebih cocok kalau @akuneeta yang menuliskan. Yang saya tahu enak di D’Cost hanyalah menu udang mayonaise dan kangkung tumis.

Selain sistem operasional yang teratur serta strategi harga kompetitif, D’Cost sangat lekat di benak konsumen karena memiliki promosi – promosi yang “nyeleneh”. Strategi promosi yang “nyeleneh” atau unik merupakan senjata ampuh untuk membuat merek anda masuk ke dalam benak konsumen (Brand recognition). Brand Recognition merupakan tahap di mana merek anda sudah dikenal oleh konsumen melalui nilai - nilai yang dikomunikasikan melalui aktifitas bisnis anda. D’cost menggunakan berbagai promosi unik untuk menarik perhatian masyarakat. Value yang ingin disampaikan adalah selain murah dan berkualitas, D’Cost merupakan merek yang unik dan menyenangkan.

Beberapa promosi yang menarik untuk dilihat dari D’Cost adalah sebegai berikut :

Diskon Umur
Bila anda berkunjung ke gerai D’Cost, gunakan KTP anda sebagai kartu diskon. Bila anda berusia 40 tahun maka akan dapat potongan harga 40% sesuai usia anda. Artinya bila ada orang yang datang berusia 99 tahun, bisa mendapatkan potongan harga 99%.

Diskon Gerombolan
Diskon yang anda dapatkan dari promosi ini adalah sejumlah orang yang ada dalam rombongan. Bila datang bergerombol sejumlah 30 orang maka otomatis anda akan mendapatkan potongan harga 30%.

Promo Up to You Price
Jika anda memiliki kartu kredit (dari bank apa saja) maka anda bisa memperoleh promosi membayar sesukanya.

D'COST Promo Hamil Baru Bayar
Ini adalah promosi yang namanya saja sudah jadi perbincangan banyak orang. D’Cost akan menyediakan acara pesta untuk kapasitas 300 orang, mempelai hanya perlu membayar bila sang istri telah hamil.

Strategi pemasaran yang dilakukan oleh D’Cost patut ditiru oleh pelaku bisnis lainnya. Strategi promosi yang unik akan mendorong orang untuk mempromosikan merek anda (Word of Mouth). Yang perlu ditiru bukan saja mengenai jenis promosi yang dibuat, namun bagaimana caranya agar merek anda masuk ke dalam benak konsumen melalui penawaran Unique Selling Point (USQ) dan pemilihan media promosi yang konsisten serta efektif.

(Ditulis oleh Robin - @beanpedia)

10 comments

Write comments
Apr 18, 2016, 6:29:00 PM delete This comment has been removed by a blog administrator.
avatar

Tinggalkan komentar anda untuk tulisan ini ^^