Chatime : Fenomena Minum Teh Sensasional

3:46 PM 0 Comments A+ a-


Akhir – akhir ini kalau anda berpergian ke beberapa Mall di Jakarta seperti Plaza Semanggi, Grand Indonesia, Kuningan City dan Central Park anda bisa melihat antrian yang panjang di sebuah gerai penjual minuman bernuansa ungu dan putih. Beberapa waktu terakhir saya sedang mengamati fenomena ramainya konsumen yang mencoba produk  minuman segar “Chatime”. Chatime adalah perusahaan franchise minuman yang lahir di Taiwan pada tahun 2005 dan saat ini telah memiliki lebih kurang 600 gerai di 15 negara. Chatime menyediakan minuman segar dari variasi teh, kopi dan jus buah.  Di Australia Chatime menjadi favorit bagi warga yang berasal dari Asia karena terkenal dengan minuman teh yang variatif dan segar !



Saya coba ikut masuk dalam antrian yang cukup panjang untuk merasakan sendiri nikmatnya produk Chatime. Selama mengantri anda sebaiknya sudah mulai memliih jenis minuman, topping , tingkat kemanisan dan banyaknya es batu yang anda ingin tersaji dalam minuman anda. Chatime tidak hanya menyediakan minuman dalam kondisi dingin namun juga dalam kondisi hangat sesuai dengan selera anda. Menu yang tersedia cukup banyak, lebih dari 20 pilihan dengan variasi topping yang lezat. Kalau anda bingung untuk memilih menu, anda hanya perlu melihat nama minuman yang diberikan tanda daun yang artinya "recommend choice".



Harga minuman yang dijual berkisar antara 20 - 25 ribu rupiah. Yang menarik dari promosi Chatime adalah anda akan mendapatkan 1 stempel setiap pembelian 1 minuman.  Apabila anda mengumpulkan 10 stempel maka akan mendapatkan gratis 1 minuman.

Setiap gerai Chatime di operasikan oleh 3 - 4 orang pegawai, dan selama mengantri saya mengamati 2 orang pegawai pria bertugas untuk meracik minuman serta menyerahkan pada konsumen. Satu orang kasir wanita melayani pembayaran serta sesekali membantu untuk memasukkan topping ke gelas sesuai label stiker pesanan konsumen.



Menurut saya, fitur yang digunakan pada mesin kasir Chatime adalah cetakan stiker yang dikeluarkan mesin kasir setelah proses pembayaran selesai dilakukan. Stiker yang ditempel berisi informasi jenis pesanan dan topping yang diinginkan konsumen serta nomor antri penyajian. Dengan demikian akan mengurangi kemungkinan kesalahan penyajian serta membuat nomor antrian yang teratur.



Di setiap gerainya Chatime juga menyediakan sitting area yang nyaman untuk bersantai dan ngobrol. Menurut saya 3 hal yang menarik dari proses bisnis Chatime adalah :
  1.  Mendatangkan merek franchise yang sudah memiliki ekuitas yang besar dari luar negeri, dapat menarik perhatian banyak masyarakat Indonesia. Bukan saja karena ekuitas merek yang kuat namun umumnya franchise yang sudah bertaraf internasional sudah memilik Standard Operating Procedure yang teruji sehingga mempermudah proses bisnisnya.
  2.  Chatime memberikan sensasi “customization” bagi konsumennya. Maksud saya adalah konsumen bisa menyesuaikan jenis teh, topping, jumlah gula, jumlah es batu yang ingin disajikan dalam minumannya. Proses penyajian yang fleksibel dapat memberikan konsumen sensasi berbelanja yang menarik karena konsumen bisa menenetukan hal – hal yang disukainya.
  3. Sistem pengumpulan stempel bisa menstimulus konsumen untuk melakukan tindakan re-purchase hingga memperoleh bonus gratis 1 menu.


Buat anda yang sedang berbisnis minuman, Chatime bisa menjadi contoh proses bisnis yang patut ditiru. Untuk bagi pecinta minuman Chatime bisa menjadi salah satu pilihan anda yang seru.

(Ditulis oleh Robin - @beanpedia)