Berbisnis (tanpa) Pakai Modal

11:18 PM 0 Comments A+ a-

Salah satu keinginan kebanyakan orang muda saat ini adalah memiliki bisnis sendiri atau yang seringkali disebut dengan entrepreneurship. Bagi kebanyakan orang berbisnis sendiri atau “menjadi bos” untuk diri sendiri merupakan salah satu langkah untuk mencapai “financial freedoom” dalam kehidupannya. Demam berbisnis bukan saja melanda para karyawan kantor saja, namun juga melanda mahasiswa yang sedang duduk dibangku pendidikan. Bagi setiap orang, masalah utama dan pertama yang menghalangi keinginan berbisnis adalah masalah MODAL ! (duit bukan Cuma masalah di “ujung – ujungnya” tapi juga jadi masalah di “awal – awalnya loh ”=P)

Kali ini saya ingin berbagi dengan anda beberapa jenis bisnis yang bisa anda lakukan dengan modal yang terjangkau bahkan beberapa bisnis yang bisa anda lakoni tanpa modal sekalipun.


  1. Dropshipper, ini merupakan salah satu bentuk kerja sama bisnis yang sedang marak di internet. Menjadi seorang dropshipper adalah anda menjualkan barang milik orang lain dengan cara menunjukkan gambar produk kepada konsumen. Sebagai dropshipper anda hanya mengurusi promosi dan transaksi barang dengan konsumen, proses pengiriman barang akan dilakukan oleh pemilik produk. Dengan demikian anda tidak perlu melakukan penyetokan barang.
  2. Tweet Buzzer, anda pasti sudah tidak asing lagi dengan media online Twitter yang saat ini sedang menjadi trend di tengah masyarakat. Untuk berbisnis dengan Twitter anda harus mampu menciptakan sebuah akun twitter yang digemari banyak orang. Bisnis yang anda jual di sini adalah menjadikan akun anda sebagai sarana iklan untuk menawarkan produk atau mempromosikan web / akun tertentu.
  3. Mobile Marketer, untuk melakoni bisnis ini anda bisa memanfaatkan kendaraan mobil yang telah anda miliki. Cara kerjanya adalah anda menawarkan diri kepada produsen makanan ringan home industry untuk menjajalkan produk mereka di area tertentu. Sistem keuntungan nya bisa dari profit produk yang terjual atau sistem bagi hasil.
  4. Jasa penyebaran brosur / kuisioner, untuk memperoleh uang dari jasa ini sangatlah mudah. Anda hanya perlu menjual jasa anda untuk menyebarkan brosur / kuisioner di area tertentu sesuai dengan target market dari konsumen anda. Biasanya anda akan dibayar sesuai dengan jumlah brosur/ kuisioner yang anda sebarkan.



Nah, dengan beberapa ide di atas saya berharap anda bisa mulai berbisnis tanpa mengkhawatirkan cara mengumpulkan modal karena anda bisa saja memanfaatkan apa yang sudah anda miliki saat ini. Bagi saya secara pribadi modal utama berbisnis bukanlah semata – mata soal DUIT, tapi soal TEKAD !

(Ditulis oleh Robin - @beanpedia)